Senin, 12 Maret 2012

Tahukah Anda Sumber Energi Plasma?

Tahukah anda Plasma? Plasma merupakan gas yang terionisasi sehingga gas tersebut telah kehilangan elektronnya. Plasma dapat dijadikan sumber energi alternatif yang dapat diperbarui. Bahan dasar plasma sangat mudah dijumpai di sekitar lingkungan kita, tetapi yang membuat sumber energi ini jarang digunakan adalah karena proses pada plasma ini membutuhkan teknologi yang sangat modern. Di Indonesia saja belum ada perusahaan yang dapat mengelola plasma ini, salah satu negara yang telah dapat mengelola energi plasma adalah prancis, mereka menamai plasma dengan nama “Plasma Tokamak”
Untuk mengenal lebih jauh mengenai plasma kita harus mengetahui bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus. Dalam zat padat, atom-atom terikat membentuk molekul, yang masing-masing terikat dalam suatu ikatan kimia lemah dan untuk gas, molekul-molekulnya terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.
Kalau dalam plasma, unsur-unsur tersebut tidak bersatu membentuk molekul, dan unsur tersebut kehilangan elektron-elektronnya. Jadi dalam plasma, hanya terdapat tatanan yang terdiri atas nukleus dan elektron.
Plasma dapat dijadikan konduktor yang sangat baik, karena plasma memiliki banyak elektron bebas. Dalam kehidupan lampuneon dan display komputer merupakan secuil kegunaan plasma sebagi konduktor. Banyak lagi kegunaan plasma, dan yang terpenting plasma dapat dimanfaatkan  sebagai sumber energi alternatif yang baru.
Bahkan banyak para ahli menyebutkan plasma merupakan wujud zat keempat selain padat, cair, dan gas.(Aziz)

0 komentar:

Poskan Komentar

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons