Selasa, 13 Maret 2012

Pohon : Sumber Energi Baru

Dalam pohon terdapat listrik yang cukup untuk memasok daya bagi sirkuit elektronik. Sehingga dengan adanya penemuan ini, televisi yang ada di rumah bisa dipasok energinya melalui pohon yang ditanam di samping rumah.
“Sejauh pengetahuan kami, ini merupakan pertamakalinya peneliti menemukan bahwa seseorang bisa mengaktifkan sesuatu dengan memasang elektroda ke sebuah pohon,” kata Babak Parviz, peneliti dari University of Washington, kutip dari Mother Nature Network, 14 September 2009.
Parviz, dan rekannya Brian Otiz telah mengembangkan alat yang akan memungkinkan sebuah sirkuit dicolokkan ke pohon. “Pengembangan ini nantinya bisa mengatasi masalah bagaimana melakukan charging terhadap gadget portabel seperti iPod dan ponsel,” kata Parviz.
Sejumlah peneliti mendapati bahwa pohon dapat menghasilkan voltase 200 milivolt ketika sebuah elektroda dipasang di pohon dan elektroda lainnya ditanam di dalam tanah. Teknologi ini didesain untuk dapat berfungsi sebagai sensor hutan yang dayanya dipasok dengan cara tersebut. Tetapi sayangnya, sampai saat ini belum ada yang mencoba mengaplikasikan temuan ini untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga pohon. (Aziz)

0 komentar:

Poskan Komentar

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons