Sabtu, 31 Maret 2012

Energi Pembangkit Listrik Dari Sampah




 

Gambar : www.cnet.com
Setiap berpikir tentang alternatif pembangkitan listrik mandiri di sebuah gedung, yang muncul adalah genset, atau solar panel. Mungkin saatnya dipertimbangkan alternatif yang lebih menarik dan ramah lingkungan, yaitu pembangkit listrik dari sampah.  IST Energy, sebuah perusahaan Amerika Serikat  di bidang energi berhasil menciptakan kontainer pembangkit listrik dari sampah yang bisa diparkir di sekitar gedung anda.
Mesin yang diciptakan IST diberi nama Green Energy Machine (GEM). Idenya, mesin ini dapat mensuplai  kebutuhan listrik dan panas suatu bangunan gedung dan sekaligus memecahkan masalah sampah yang dihasilkan.
Dengan memanfaatkan teknologi GEM, sampah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik dan panas.
GEM dapat mengkonsumsi hingga 3 ton sampah perkotaan dan biomasa setiap harinya dan mampu menghasilkan 120 kW listrik dan lebih dari dua kalinya dalam bentuk panas. Sampah yang dimasukkan dalam GEM akan mengalami proses pengeringan untuk kemudian diubah menjadi pellet. Pellet sampah selanjutnya dijadikan gas dengan proses gasifikasi. Proses gasifikasi mampu mengubah 95% sampah sedangkan 5% sisanya menjadi abu.
Namun salah satu kendala adalah masalah kebisingan yang dihasilkan mesin ini. Pengguna GEM harus mempertimbangkan lokasi “parkir” kontainer penghasil energi ini sehingga tidak mengganggu aktivitas dalam gedung.
alpensteel

0 komentar:

Poskan Komentar

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons